MASIGNALPHA101
4166670010457459450

Tempat Wisata Batam Yang Unik

Tempat Wisata Batam Yang Unik
16 Des 2018
Selain menjadi sentra bisnis, Batam juga terkenal akan destinasi wisatanya yang sangat menarik. Para wisatawan lokal maupun manca negara sangat banyak yang berkunjung ke kota ini untuk berlibur.

Dari segi luas wilayah, Batam memang tergolong kecil jika dibandingkan dengan daerah sekitarnya seperti Medan dan Palembang. Tetapi secara geografis, Batam sangat istimewa berada di sebelah utara Indonesia, tepat dijalur pelayaran Internasional dan berdekatan dengan negara maju Singapura dan Malaysia sehingga Batam punya potensi aktual dari sektor industri dan wisata.

Wisata Batam

Nah, bagi Anda yang sedang berencana untuk berlibur ke Batam, tidak salah untuk mempertimbangkan beberapa tempat wisata dibawah ini. Karena tempat wisata yang saya rangkum dibawah ini merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan masa berlibur Anda bersama keluarga, teman, maupun kekasih dan tentunya terbaik dan ramai dikunjungi para wisatawan.

Jembatan Barelang

Salah satu icon pulau Batam yang dibangun pada tahun 1889 ini masih menjadi destinasi kebanggaan Batam hingga saat ini. Dibangun dengan Tecknology Cable Stayed, Jembatan ini sangat mirip dengan jembatan gantung Golden Gate yang ada di San Fransisco USA. Selain desainnya yang unik, posisi jembatan yang dibangun melintang menyeberangi lautan tentu saja satu alasan Jembatan ini sangat diminati oleh para wisatawan. Tiupan angin segar dari laut dan pemandangan hamparan laut yang tak berujung mempunyai kesan tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati masa liburan.
wisata jembatan barelang
Jembatan Fisabilillah atau yang sering disebut sebagai jembatan barelang
Untuk fasilitas yang disediakan bagi para wisatawan terbilang cukup lengkap, mulai dari tempat ibadah, Wc, restoran, tempat bersantai, sampai perahu kayu yang disewakan untuk berkeliling dilautan yang berada di bawah jembatan.

Berniat berkunjung kesini? Saya sarankan untuk datang pada hari sabtu dan minggu agar suasana terasa ramai. Untuk biaya, kita hanya dibebani uang parkir sebesar Rp.5.000/motor dan Rp.10.000/mobil, diluar itu gratis selain jasa potret dan wc.

Kampung Vietnam

Pertama kali menginjakkan kaki di Batam, Kampung Vietnam adalah destinasi yang pertama kali saya kunjungi, alasannya karena Kampung Vietnam menyimpan sejarah yang terbilang unik. Kampung Vietnam atau yang dikenal dengan Camp Vietnam dulunya merupakan bekas pengungsian oleh orang-orang Vietnam dikarenakan adanya perang saudara di negaranya pada tahun 1979.
camp vietnam
Kampung vietnam
Meskipun kini Camp Vietnam tidak lagi berpenghuni, tapi bekas peninggalan dari para pengungsi masih tetap dilestarikan dan dijadikan sebagai objek wisata. Sangat banyak bekas peninggalan para pengungsi yang bisa kita jumpai, contohnya: bekas rumah, penjara, museum, tempat ibadah, bahkan "Monumen Perahu" yang dibangun oleh para pengungsi yang mana dengan perahu inilah mereka bisa sampai ke pulau Batam.

Kampung Vietnam terletak di Pulau Balang yang berjarak +50KM dari pusat kota, meskipun letaknya terpencil dan jauh dari pusat kota, tapi minat dari wisatawan tidak pernah berkurang. Hal ini dikarenakan keingintahuan para wisatawan akan sejarah dan keunikan kampung Vietnam yang notabene adalah bekas tempat yang pernah dihuni oleh pengungsi Vietnam tersebut.

Alun-alun Engku Putri

Layaknya Taman Kalijodo yang ada di Jakarta, begitulah potret Alun-Alun Engku Putri yang terletak di pusat kota dan dikelilingi oleh kantor-kantor pemerintahan kota Batam. Karena posisinya di pusat kota, kita tidak akan menemukan pemandangan alam yang asri seperti tempat wisata umumnya, tapi tidak usah kecewa, kita masih bisa menyaksikan pesona sunset dan sunrise yang indah bagaikan lukisan alam yang bisa kita jadikan sebagai background spot.
alun alun batam center
Alun-alun Engku Putri biasa dijadikan tempat berkumpul para komunitas pecinta hobby tertentu
Alun-alun Engku Putri menawarkan fasilitas yang sangat banyak sekali seperti lapangan bola basket, Futsal, Skaterpark, Climbing Wall, Jogging Track dan sarana olahraga lainnya yang sangat user friendly terhadap masyarakat umum yang ingin ingin berolahraga dan berkreasi sesuai dengan bakat masing-masing. Jadi tidak usah heran setiap pagi dan sore hari banyak masyarakat setempat maupun wisatawan yang datang hanya sekedar bersantai ataupun berjalan-jalan. Ditempat inilah kita akan menemukan banyak anak-anak muda berkumpul sesama pecinta suatu hobby tertentu. Selain sarana olahraga, Alun-alun Engku Putri juga terbuka untuk acara-acara umum yang tentunya atas seijin dari pihak pengelola.

Ocarina Park

pantai ocarina
Mega wisata Ocarina Park
Ocarina Park diresmikan pada tahun 2008 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang pada saat itu merupakan presiden RI, dengan luas taman sekitar 40 hektar dan berada tepat di tepi pantai. Destinasi yang satu ini tidak jauh dari pelabuhan Ferry International Batam Center sehingga selain menikmati keindahan pantai yang terbentang luas, kita juga bisa melihat kapal Ferry berlalu lalang tepat didepan mata. Tidak hanya itu, kita juga dapat menikmati berbagai jenis wahana seperti: Kolam Renang, Kolam bangau, 3D Movie Theater, Water Feature, Trampolin, Flying Box, Giant Wheel, hingga Spot untuk fotografi dan lain-lain.

Pantai Sekilak

pantai sekilak
destinasi wisata nomor satu di Batam
Kabarnya Pantai Sekilak merupakan destinasi wisata yang memiliki nilai rating tertinggi di kepulauan Riau, pantai ini memiliki luas sekitar 30 hektar. Tentu saja punya alasan mengapa pantai ini menjadi tempat wisata yang sangat direkomendasikan oleh para wisatawan yang pernah berkunjung kesini, karena pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan natural, mulai dari barisan pepohonan yang rindang, hutan bakau, tumpukan bebatuan besar seolah menambah nilai estetika dipantai ini, pemandangan alam bawah laut hingga perpaduan pasir pantai dengan warna biru jernih air laut dan dilengkapi dengan pohon-pohon kelapa yang berbaris rapi serta danau buatan yang menjadi pesona tersendiri dari pantai ini.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang unik terdapat di Pulau Batam ini. Tapi karena saya belum sempat mengunjunginya, jadi untuk sementara saya hanya memasukkan kelima destinasi unik yang ada di Batam berdasarkan pengalaman pribadi. Mungkin untuk kedepannya saya akan update setelah mengunjungi dan membuat review sesuai pengalaman pribadi.
Leonardo

To be a writer who has continuity and quality is indeed very difficult, but that does not mean it cannot.