MASIGNALPHA101
4166670010457459450

Destinasi Jembatan Barelang

Destinasi Jembatan Barelang
4 Nov 2018
Jembatan Satu Barelang
Sebagai orang Indonesia, kita patut bersyukur karena hidup di negeri dengan kekayaan alam yang melimpah yang tentunya tidak di miliki oleh negara-negara lain. Salah satunya destinasi wisata yang mudah kita temui diseluruh pelosok nusantara. Jadi tidak heran kalo banyak warga negara asing yang datang ke Indonesia hanya untuk sekedar berlibur.

Sebut saja Batam yang dikenal sebagai kota biru. Batam merupakan salah satu wilayah Indonesia yang kaya akan destinasi wisata alamnya, salah satunya adalah Jembatan Barelang yang sudah dikenal sampai ke mancanegara. Jembatan ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu berdiri kokoh melintang di atas hamparan laut dengan technology cable stayed.

Siapa yang tak kenal dengan jembatan Barelang? Salah satu destinasi Batam yang sudah terkenal luas sampai kekancah internasional. Jembatan ini sudah menjadi tujuan utama bagi setiap orang yang hendak liburan ke pulau Batam, salah satu icon Batam yang memiliki pemandangan yang indah yang berada melintang menyeberangi lautan.

Saya rasa perlu untuk mengetahui sekilas tentang jembatan ini, karena sebagian besar diluar sana banyak yang tidak tahu dan mengira bahwa jembatan Barelang adalah jembatan yang sering mereka lihat di internet yaitu jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan satu), jembatan terbesar dari keenam jembatan dan jembatan inilah yang sering dikunjungi orang-orang.

Barelang sebenarnya adalah sebuah singkatan dari Batam, Rempang dan Galang. Pada dasarnya deretan jembatan Barelang dibangun sebagai penghubung dari beberapa pulau, diantaranya: Batam, pulau Tonton, pulau Nipah, pulau Rempang, pulau Galang dan pulau Galang Baru. 

Jembatan Barelang ini terdiri dari enam buah jembatan diantaranya sebagai berikut.
  1. Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan satu)
  2. Jembatan Nara Singa
  3. Jembatan Raja Ali Haji
  4. Sultan Zainal Abidin
  5. Jembatan Tuanku Tambusai
  6. Jembatan Raja Kecik
Jembatan ini dibangun selama enam tahun lamanya mulai dari tahun 1992 sampai tahun 1998 dan memakan anggaran sebesar 400 Milyard lebih.

Jadi sekarang sudah pada tahukan kalo jembatan yang disebut Barelang terdiri dari enam jembatan? Dan jembatan yang menjadi icon Batam dan sekaligus tempat wisata itu namanya jembatan Tengku Fisabilillah (Jembatan 1 Barelang), tapi masyarakat disini sudah terbiasa menyebut jembatan Fisabilillah dengan jembatan Barelang tanpa menyebutkan nama yang sebenarnya. Menurut saya juga gak jadi masalah, karena pada dasarnya Barelang itu bukan nama resmi dari jembatan tersebut, melainkan sebuah singkatan yang berasal dari masyarakat setempat. Dan pada artikel ini saya juga akan menyebutnya sebagai jembatan Barelang.

Nah,mungkin ada teman-teman yang dari luar daerah Batam yang berniat berkunjung ke Jembatan Barelang atau sedang mencari referensi apakah Barelang merupakan pilihan tepat untuk menghabiskan masa liburan? Saya akan bagikan ulasan singkat sepintas jembatan Barelang sebagai referensi untuk Anda.

Struktur Jembatan Barelang

desain jembatan barelang
jembatan satu Fisabilillah
Dengan melihat desain konstruksinya saja, kita juga paham kalo jembatan barelang ini didesain sebagai jembatan multifungsi, yaitu selain fungsinya sebagai jembatan penghubung, jembatan ini di desain sebagai tempat wisata.


Struktur desain yang melengkung dengan technology cable stayed menjadi pesona tersendiri dari jembatan ini jika dibandingkan dengan kelima jembatan lainnya. Selain kokoh, tampilannya juga sangat cocok dijadikan sebagai objek bagi para penggila Selfi. Model jembatan ini mirip dengan jembatan gantung Golden Gate yang ada di San Fransisco USA. 

Menariknya adalah jembatan yang prakarsai oleh bapak B.J. Habibie (yang saat itu merupakan menteri riset dan teknologi) merupakan hasil murni dari karya anak bangsa, jembatan ini dibangun dengan kombinasi dari ratusan insinyur tanah air tanpa melibatkan satupun tenaga ahli dari luar negeri.

Jembatan ini memiliki lebar tinggi 642 x 350 x 38 meter dengan dua ruas jalan yang berlawanan. Sementara itu ada sekitar 2.5 meter dari setiap bahu jalan disediakan khusus untuk para pengunjung yang ingin duduk santai menikmati angin laut yang dilengkapi dengan palang pembatas (dalam batas aman).

Menikmati Panorama Alam Barelang

pemandangan jembatan barelang
potret jembatan barelang menjelang malam

Dari atas jembatan, hamparan lautan luas yang tidak berujung terlihat nyata di depan mata. Sangat cocok untuk kita yang sedang ingin menenangkan pikiran. Selain itu kita juga bisa menyaksikan terbenamnya matahari sembari menikmati angin laut dari bawah jembatan, cukup hanya mengocek uang senilai Rp. 10.000 kita sudah bisa menikmati dan langsung berpapasan langsung dengan air pantai Dendang Melayu. Jika kamu adalah orang yang hobby memancing, pilihan ini sangat tepat. Karena kamu bisa bersanti sambil memancing

Beragam Fasillitas

dendang melayu
Barelang Bridge atau yang dikenal dengan Dendang Melayu
Fasilitas yang disediakan bagi para wisatawan terbilang cukup lengkap. Mulai dari tempat beristirahat, tempat parkir, mushola sampai perahu kayu yang disewakan untuk mengelilingi laut yang ada dibawah jembatan. Selain itu ada tempat khusus yang disediakan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan jembatan Barelang secara utuh. Orang-orang menyebutnya dengan pantai Dendang Melayu, yang merupakkan tempat bersantai selain diatas jembatan. Disitu kita bisa duduk bersantai sambil mendengarkan alunan lagu yang dinyanyikan oleh artis-artis lokal (setempat 😜).

Tak lengkap rasanya jika berkunjung kesuatu tempat wisata kalo tidak berfoto ria bukan? Nah, disini banyak Fotograper yang bersedia mengabadikan momen anda bersama keluarga, teman, atau dengan sang kekasih, cukup dengan membayar Rp.20.000 maka poto anda jadi saat itu juga.

Jika anda berminat untuk berkunjung kesini, saya sarankan untuk datang pada hari sabtu-minggu, karena pada hari tersebut jembatan ini akan diramaikan oleh para pengunjung. Dan saya informasikan bahwa biaya kunjungan kesini tidak ada, hanya saja uang parkir kendaraan sebesar Rp.5000. Apabila ada oknum yang memintai anda sejumlah duit dengan alasan apapun, bisa dipastikan itu Pungli.
Leonardo

To be a writer who has continuity and quality is indeed very difficult, but that does not mean it cannot.