MASIGNALPHA101
4166670010457459450

Batamindo Industrial Park, Kawasan Industri Pertama dan Terbesar di Batam

Batamindo Industrial Park, Kawasan Industri Pertama dan Terbesar di Batam
3 Nov 2018
Kawasan Industri Batamindo

Batam merupakan sebuah kota terbesar di Kepulauan Riau yang menyandang predikat sebagai kota Industri. Secara geografis, Batam cukup strategis yaitu berada di jalur pelayaran internasional dan berdekatan dengan pusat industri baru Singapura yang selama ini menjadi pintu masuk ke pasar dunia sehingga sangat potensial untuk menampung luapan ekonomi dari industri yang masih tergolong baru tersebut.

Sekitar dekade 1970 industri dikota ini menunjukkan keeksistensinya yang dimulai dari sektor galangan kapal, fabrikasi dan perminyakan lepas pantai hingga pada tahun 1990 berdirinya satu kawasan industri elektronik terbesar di kota Batam yaitu Batamindo Industrial Park (BIP) kemudian disusul dengan beberapa kawawasan industri lainnya yang konsen pada elektronik.

kawasan Industri Batamindo

BIP
kawasan industri Batamindo

Batamindo Industrial Park (BIP)

Batamindo Industrial Park atau yang saat ini dikenal dengan Batamindo Invesment Cakrawala (BIC) yang merupakan Objek Vital Nasional Sektor Industri (OVNI) terletak di Muka Kuning, Kec. Sei Beduk, Kota Batam. Kawasan ini merupakan kawasan industri pertama dan terbesar di Batam yang mulai beroperasi pada tahun 1990 dibawah naungan PT. Batamindo Investment dan Batamindo Indutrial Management.

Kawasan ini berdiri atas kesepakatan dari Join Venture pada tanggal 11 januari 1990, dengan pembersihan lahan dengan luas sekitar 320 hektar. Batamindo Industrial Park diresmikan dengan peletakan batu pertama pada tanggal 28 februari 1990 yang dihadiri oleh beberapa tokoh penting, diantaranya: Brigadir Jendral Lee Hsien Loong ( Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perdagangan dan Industri), Prof. B. J. Habibie (yang saat itu Menteri Negara Riset dan Teknologi), Drs. Radius Prawiro (Alm / saat itu menjabat sebagai Menteri Koordinasi Bidang Ekonomi, Pendanaan dan Pengembangan Industri), Bapak Tungki Ariwibowo (Alm / saat itu menjabat sebagai Menteri Muda Perindustrian dan Perdagangan), dan Philip Yeo (Ketua Dewan Pengembangan Industri Singapura saat itu).

Adapun perusahaan yang pertama kali resmi menandatangani kontrak sewa di Kawasan Industri Batamindo adalah PT. Sumitomo Electric Industries pada tanggal 30 April 1990, namun operasional baru berjalan pada 8 april 1991 dengan nilai investasi sebesar S$30 Juta. Sementara perusahaan yang pertama kali beroperasi di Kawasan ini adalah PT. Thomson pada januari 1991. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BP Batam pada tahun 2008 bahwa Jumlah perusahaan yang beroperasi di kawasan industri Batamindo sebanyak 77 perusahaan, namun saat ini diperkirakan hanya sekitar  44 perusahaan.

Beragam Fasilitas

Fasilitas yang tersedia dikawasan ini terbilang cukup komplit, mulai dari Dormitory yang merupakan tempat tinggal  gratis yang disediakan bagi pekerja yang berasal dari luar Batam, Bank, Food Center seperti pujasera dan panasera, Kantor pos, taman, plaza, klinik 24 jam, pemadam kebakaran siaga 24 jam, tempat ibadah seperti greja, mesjid dan vihara, lapangan olahraga seperti futsal, basket, voly dan bola kaki, hingga gedung MPH yang salah satu fungsinya sebagai sarana proses penerimaan karyawan.

Keamanan dan kebersihan kawasan ini tidak usah diragukan, kawasan ini dijaga 24 jam oleh security yang tersebar di beberapa titik perbatasan kawasan dan tentunya telah bekerja sama dengan pihak kepolisian setempat. Selain itu, kebersihan kawasan juga sangat terjaga, Berjalan di trotoar di dalam kawasan cukup nyaman karena begitu bersih dan banyak pepohonan yang rimbun berjajar dengan rapinya. Tak salah tempat apabila banyak pasangan yang duduk-duduk dengan santainya di bawah pohon terutama di depan Wisma Batamindo.
Motto: Pertama dan tetap yang terbaik, kiranya Kawasan Industri Batamindo akan tetap terjaga menjadi yang terbaik di Batam ini... 
Peta Lokasi:

Leonardo

To be a writer who has continuity and quality is indeed very difficult, but that does not mean it cannot.